Aplikasi Utama Untuk Optimalkan Android


HP android sering lemot ? tambah lama tambah lemot, Batre Boros, Data Boros.
 hal tersebut adalah kendala wajar bagi anda pengguna smartphone android. dimana integrasi android memang semua apilikasi terhubung dan perlu sinkron dengan data, akun maupun servernya.
 tapi kalau anda tidak mau kalah smart dengan android anda bisa mengoptimalkan dan mengontrol  android semau anda. misalnya ingin paket internet lebih hemat, batre lebih awet dan kinerja HP jadi stabil. semua bisa kita siasati dengan aplikasi aplikasi yang tersedia di play store maupun lainnya.

berikut ini aplikasi aplikasi pendukung agar android anda lebih stabil dan nyaman di pake nya. saya ulas lengkap dan jelas beserta fungsi dan cara kerjanya, saya sediakan juga link downloadnya secara gratis, karena aplikasi aplikasi tersebut sebagian ada yang berbayar, artinya bila anda download di play store maka anda harus membelinya. ada juga yang tidak tersedia di google play dengan alasan tertentu.

silahkan di simak dan download aplikasinya langsung secara gratis.

1. ZD Box
Banyak FItur Hanya Dalam Satu Aplikasi, itu lah sebutannya.
Semua android bisa menggunakan aplikasi ini.
Download Via DropBox DI SINI
  1. Widgets: untuk screen always off, kill all task, WiFi On/Off, airplane mode On/Off, kecerahan layar, setting suara, rotate screen on/off, bluetooth on/off, start/stop sync, berpindah antara 2G/3G/4G, app lock on/off, GPS On/Off, APN On/Off, Flashlight On/Off.
  2. Battery info: memonitor dan menampilakan info tentang waktu yang tersisa hingga baterai habis, temperatur, waktu semenjak boot terakhir, perkiraan waktu jika di charge sampai penuh, keadaan batery, voltese batery,dan yang menariknya terdapat fitur batery saver yang dapat menghemat batery android kalian.
  3. Mobile Traffic: overview penggunaan data bulanan ataupun harian, menampilkan sisa dari data (dari quota yang telah kita tetapkan sebelumnya),jadi kita dapat mengatur banyaknya data internet yang ingin digunakan. jadi cocok banget nih yang paket internetnya menggunakan kuota karena kita dapat mengetahui sudah berapa banyak paket internet yang sudah kita gunakan atau sia dari paket internet kita dan di mobile traffic ini dapat menampilkan penggunaan data untuk setiap app nya.
  4. Do Not Disturb: menentukan waktu kapan saja dimana kita bisa mensetting android untuk menjadi silent, vibrasi ataupun air plane mode.
  5. App Lock: Mengunci apps dengan password, sehingga tidak dapat dibuka oleh orang lain tanpa mengetahui passwordnya. passwordnya bisa berupa number password dan patern password.
  6. Task Killer: menghentikan semua task dalam sekali klik. Kita dapat menentukan app mana saja yang tidak ingin kita kill dalam aksi ini. Dapat juga kita seeting untuk secara otomatis meng kill apps setiap kali layar off.
  7. Uninstaller: menampilkan memory yang terpakai dan yang tersisa untuk Internal Memori maupun SD Card, dan dari sini kita dapat meng-uninstall app secara satu persatu maupun batch (Massal).
  8. App to SD: Memindahkan app ke SD Card satu persatu ataupun batch. Memindahkan app ke SD Card hanya dapat dilakukan pada Android 2.2 dan 2.3.
  9. Cache Cleaner: membersihkan semua cache yang ada pada android kalian dan dapat pula membersihkan history pada browser bawaan kalian, history play store, gmail, dll. 

2. Root Explorer

Banyak Yang menyebutnya Rootex.
Download Aplikasinya Gratis DI SINI

Fungsi dari ROOTEX ini dapat mengakses seluruh sistem file android (termasuk folder data yang sulit dipahami). Fitur termasuk beberapa tab , Google Drive , Box , Dropbox dan jaringan (SMB) dukungan, SQLite Database penampil, Text Editor, membuat dan mengekstrak zip atau tar / file gzip , ekstrak arsip rar , multi-pilihan , mengeksekusi skrip, pencarian, remount, perizinan , bookmark, mengirim file (melalui email, bluetooth dan lain- lain) , thumbnail gambar , APK biner XML penampil , pemilik file perubahan / group , membuat link simbolik , Membuka fasilitas aplikasi , MD5 , membuat shortcuts , back up file atau data dan masih banyak lagi .
untuk fungsi system, android anda harus dalam kondisi sudah di ROOT
Aplikasi ini berbayar  . Namun anda bisa mendapatkannya secara gratis disini .




3. AdaWay


Fungsi Utamanya adalah memblok iklan agar tidak masuk ke android anda. manfaatnya adalah anda tidak akan terganggu oleh iklan yang membuat boros batre dan paket internet.
syaratnya HP anda sudah Di ROOT
aplikasi ini tidak ada di play store dan anda bisa download Gratis DI SINI

Ponsel android sangat identik dengan iklan di dalam setiap aplikasinya.hanya beberapa aplikasi tertentu saja yang memang sengaja tidak menampilkan iklan.
   ada 2 Cara agar android kita tidak dapat menampilkan iklan dari server peng iklan di layar ponsel yaitu :
1 - dengan menonaktifkan akses internet kita.
2 - dengan cara memblokir iklan tersebut dengan aplikasi ad block dsb.
untuk cara yang kedua ini dengan memblokir iklan2 tersebut yaitu dengan mengintstall aplikasi pemblokir iklan yang disebut AdAway.
    AdAway adalah sebuah aplikasi yang dapat memblokir iklan dengan cara memutuskan koneksi dari server iklan yang ada pada ponsel android.
    Cara kerjanya sama seperti Adblock di komputer.
*Catatan.
Aplikasi ini memerlukan hak akses ROOT.
   Aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi di Google Play.dikarenakan fungsinya yang sangat berseberangan dan merugikan pihak google sebagai penampil iklan.
  *install terlebih dahulu aplikasi FDROID agar dapat digunakan untuk mendownload AdAway.untuk cara nya bisa anda lihat DISINI.
screenshoot.

Cara Mengaktifkan Pemblokiran:
1. Install AdAway yang suda di download dari FDROID tadi.
2. Buka AdAway,bila nanti muncul peringatan permintaan Akses Root oleh Super User.pilih saja allow.
3. Setelah Itu,kemudian Klik "Download Files and Aplly Ad Blocking"
4.ikuti petunjuknya sampai selesai dan jangan lupa sering sering update host nya agar lancar dalam memblokir iklan tersebut.

4.  Link2SD
 Fungsi Utamanya adalah memindah aplikasi ke memori card serta banyak fungsi lainnya baik fungsi standar maupun system.
untuk menggunakan fitur system, android anda harus dalam kondisi ROOT
Download aplikasi Gratis  DI SINI


Kegunaan lainnya dari Aplikasi Link2SD :
- Membuat dan menghapus link untuk apk, dex dan file lib dari aplikasi yang Anda pilih .
- Aplikasi secara otomatis link baru diinstal (opsional) .
- Dapat memindahkan setiap aplikasi pengguna untuk SDCard meskipun aplikasi tidak mendukung pindah ke SDCard seperti halnya untuk OS Android 2.2 dan OS lebih tinggi , seperti Ice Cream Sandwich / ICS yang tidak memungkin perpindahan aplikasi langsung ke SDCard (kecuali Jelly Bean ke atas) .
- Menunjukkan aplikasi yang mendukung pindah ke SDCard dengan aplikasi Link2SD dari Memory Internal .
- Mengatur instalasi default lokasi aplikasi yang bersifat otomatis (penggunaan selalu) , internal atau eksternal .
- Link Batch , memutus , install ulang , uninstall , pindah fungsi sistem aplikasi ke SD Card , atau memindahkan ke sistem memory Android bawaan pada berbagai aplikasi .
- Memberitahu ketika aplikasi bergerak di install .
- Uninstall aplikasi sistem (penghapusan bloatware) .
- Freeze (Pembekuan) dan un-freeze (membatalkan pembekuan) sistem dan pengguna aplikasi .
- Aplikasi sistem Convert ke dalam aplikasi pengguna .
- Aplikasi Convert pengguna ke aplikasi sistem .
- Mengintegrasikan "Diperbarui" aplikasi sistem ke dalam sistem (ROM).
- Hapus data dan cache aplikasi .
- Hapus semua aplikasi tembolok sekaligus (1-tap bersih cache tanpa root) .
- Memberitahu jika jumlah ukuran cache melebihi ukuran tertentu .
- Daftar aplikasi, menunjukkan informasi ukuran rinci dan link statusnya .
- Berbagai pilihan untuk menyortir dan aplikasi penyaring .
- Cari aplikasi dengan nama .
- Tampilan tersedia informasi ruang penyimpanan internal, kartu SD dan SD card partisi-2 .




5. Droid Wall
Syarat Utamanya Adalah android anda dalam kondisi sudah ROOT
Aplikasi ini berbayar tapi anda bisa download gratis DI SINI

Fungsi Utamanya adalah Mengelola Akses Internet Aplikasi di andrpid yang ada di HP android.
anda bisab mengatur sendiri aplikasi apa aja yang akan anda hubungkan ke internet atau yang bisa terhubung ke inernet, misalnya anda hanya memilih BBM, Facebook dan Opera mini saja.
Cara Cukup centang saja aplikasi yang akan anda hubungkan ke internet atau WIFI.


Manfaatnya adalah hemat batre dan data paket internet karena akses internet yang berjalan hanya yang anda pilih, termasuk mencegah update otomatis aplikasi yang berjalan di dalam system dan download otomatis yang tidak di inginkan.


6. SD MAID


Aplikasi Optimalkan Android Dalam Satu Aplikasi.
Android Standart Bisa pakai ini. Download Aplikasinya Gratis DI SINI



Dengan menggunakan aplikasi SD Maid, Anda dapat mengecek dan membersihkan sisa data serta cache dari gadget Android. Proses pembersihan ini penting mengingat tidak semua data dan folder akan otomatis terhapus ketika Anda menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai. Beberapa aplikasi seringkali masih meninggalkan sisa file dan folder yang akan memakan memori dan menurunkan kinerja gadget.
Kemudian, tingginya cache yang tersimpan untuk menjalankan aplikasi juga dapat memicu terjadinya penurunan performa. Aplikasi-aplikasi yang Anda jalankan pada gadget hampir seluruhnya akan menghasilkan cache sebagai data sementara yang digunakan untuk mempercepat buka-tutup aplikasi, terutama saat multitasking.

Cara penggunaannya cukup mudah. Setelah selesai mengunduh SD Maid dan menjalankannya untuk pertama kali, Anda akan menemukan berbagai pilihan yang seluruhnya dapat digunakan untuk mempercepat kinerja gadget Android.
Misalnya saja App Control yang mendata seluruh aplikasi yang terpasang dan memberikan informasi aplikasi yang sedang berjalan. Lalu, Corpse Finder yang berfungsi sebagai mesin pencari data dan folder dari aplikasi yang masih tertinggal meski aplikasi tersebut sudah Anda hapus. Lantas ada pula System Cleaner yang bertugas mencari file atau data yang dapat dihapus dengan aman tanpa menyebabkan gangguan pada sistem.

7. SEEDER
Fungsi Utamanya adalah Mengurangi LAG atau Patah Patah Kinerja android contohnya saat main game.
Syarat Utama, Android Harus Sudah Kondisi ROOT
Aplikasi ini Berbayar Tapi Bisa download Gratis DI SINI

Seeder adalah entropy generator untuk mengurangi kemungkinan terjadinya lag pada Android. Seeder akan menjaga entropy pool dengan terus melakukan pembaruan random data (entropy). Seeder membutuhkan akses ke sistem, jadi pastikan perangkat Android Anda telah di-root.

Banyak task Android yang berjalan lebih lambat daripada seharusnya. Ini dikarenakan proses read random data (entropy) dari sumber random data (entropy pool) yang terbatas. Karena pembacaan entropy dilakukan terus menerus, ada kalanya entropy dari entropy pool akan habis. Itu menyebabkan semua proses read dari entropy pool membeku (freeze), dan hal ini akan kita lihat sebagai lag. Proses tidak dapat dilanjutkan sampai Linux membuat ulang entropy yang membutuhkan waktu lama. Jika Anda tidak mengerti proses ini tidak apa-apa, karena ini adalah proses Linux tingkat lanjut, dan Android merupakan bagian dari Linux.

Cara menggunakan Seeder sangatlah mudah, setelah Anda instal, jalankan Seeder dan aktifkan (ON). Seeder memiliki pilihan profil performance Light, Moderate, dan Agressive. Gunakan profil Light untuk sehari-hari. Ubah ke Moderate atau Aggresive ketika akan memainkan game HD. Dijamin lag yang tadinya bikin kesal akan hilang.

8. ROM ToolBox
Aplikasi ini anda dapat merubah performa hingga interface smartphone anda.
Aplikasi Ini Tersedia versi Lite Dan Pro ( Berbayar ), Fungsi paling sering kita gunakan adalah mengganti font atau model huruf, ganti boot animation dan fungsi lainnya terkait UI dan system, untuk fungsi system harap anda pahami dulu system android agar tidak salah yang menyebabkan android anda bisa error system atau bahkan bootloop yang harus flash ulang android anda.
KHUSUS ROM TOOLBOX Ini anda harus faham system android untuk menggunakan semua fiturnya.

download aplikasinya DI SINI

Fungsinya :
Rom management

  •  Install ROM dan tema dari daftar ROM. AOKP, ROM CyanogenMod dan ROM populer lainnya.
  •  Membuat, mengelola backup dan restore nandroid.
  •  Wipe data, cache, Dalvik-cache, baterai statistik
  • Install ROM beberapa dan ZIP dari kartu SD anda
App Manager
  • Batch backup dan restore aplikasi dan data mereka
  • backup jadwal untuk dijalankan pada waktu tertentu
  • restore aplikasi dari backup nandroid
  • backup/restore pesan teks, penanda, rekening, dan lain – lain
  • backup aplikasi anda ke dropbox
  • Freeze / pencarian sistekm dan pengguna aplikasi
  • Backup / restore Link Android Market
  • Task manager
  • Otomatis Batch uninstaller
  • Kirim email ke teman
  • Memindahkan setiap penginstalan aplikasi ke Kartu SD
  • Bersihkan Dalvik-cache
  • Zipalign, memperbaiki perizinan, menghapus data dan cache, memaksa menutup aplikasi apapun
Root Explorer
  • Akses seluruh sistem file android (termasuk folder data yang tersembunyi.
  • Batch copy /paste, zip, tar, menghapus, memindahkan setiap berkas atau folder.
  • Hak akses file perubahan dan kepemilikan.
  • Lihat, edit dan berbagi file
  •  File Manager dengan dua panel untuk manajemen lebih mudah
Scripter & Terminal Emulator
  • Membuat dan menjalankan script sebagai root
  • Set script ada berjalan di-boot
 Auto Start Manager
  • Mengaktifkan / menonaktifkan aplikasi yang dijalankan pada startup
  • Mengaktifkan / menonaktifkan penerima siaram, kegiatan atau layanan 
Ad Blocker
  • Pilih untuk memblokir iklan, porno, kasino dan situs beresiko
  • Tambahkan situs baru ke file host
 Configure Apps2SD
  • Mengatur setiap aplikasi untuk menginstal ke sdcard atau penyimpanan internal
Rebooter
  • Reboot recovery, powerdown, bootloader, restart status bar, dll
Font Installer
  • Instal font kustom dari daftar besar atau dari sdcard Anda
  •  Mengatur font sebagai favorit & mengirimkannya kepada teman
Boot Animation Installer
  • Install boot animation dari koleksi pada server atau dari sdcard anda
  • Preview boot animations
  • Buat anmasi boot dari sebuah file GIF
  • Memiliki animasi boot baru acak setiap kali anda boot-up
Theme Manager & Statusbar Icon Changer
  • Membuat dan menginstall tema penuh
  • Sesuaikan statusbar Anda dengan menginstal custom icon untuk wifi, sinyal, gps, dll
  • Mengubah icon baterai di statusbar untuk satu custom dari daftar 200 lebih
Boot Logo Changer
  • Mengubah boot logo yang di dukung oleh ponsel anda
Themes Chooser Themes
  • Melihat daftar themes dari themes chooser TMobile
SetCPU
  • Set CPU dan set governor
  • CPU Profil
  • Kernel tweaks untuk mempercepat performa
Build.prop Editor
  •  Mudah mengedit build.prop anda
  • mengubah kerapatan lcd, meningkatkan daya tahan baterai, meningkatkan kinerja
Auto Memory Manager
  • Set nilai minfree & pilih dari preset. Menerapkan nilai – nilai saat boot
SD Booster
  • Meningkatkan kecepatan sdcard anda



demikian ulasan alfaemedia seputar aplikasi utama optimalkan android.

untuk untuk artikel terkait misalnya optimalkan android dengan link2sd, memindah aplikasi, merubah aplikasi user menjadi system dan sebaliknya, menghapus aplikasi system, partisi memori, merubah fileprov dan lainnya akan saya ulas selanjutnya.
bila ada pertanyaan dan saran bisa kontak saya via FB yang tertera di link footer bawah website ini atau via SMS di fanspage FB kami, jangan lupa di like :)
 salam hangat, terima kasih.