Ciri Ciri Bisnis Dan Toko Jualan Online Yang Aman


Kunci sukses bisnis online salah satunya adanya rasa percaya dari konsumen untuk berani transaksi. Namun, konsumen bisa menganalisa sendiri mana yang dapat di percaya dan mana yang penipuan.

Sebagia bisnis baru, hal pertama yang di lakukan hanyalah memperkenalkan diri untuk mendapatkan reputasi baik. Masalah penjualan sebaiknya jangan di fikirkan dahulu meskipun itu penting. Buatlah konsumen nyaman dengan kita dengan memberikan pelayanan terbaik supaya mereka tidak ragu memutuskan membeli produk yang di tawarkan.

Tips sukses membuat bisnis online dapat di percaya

 1. Website Atau Blog Professional

    Website Atau Situs Halaman Produk anda yang bisa akses secara online merupakan syarat utama dalam bisnis online, didalamnya berisi info produk lengkap, info kontak, foto gallery, alamat dll. 

Toko Online Terpercaya harusnya di kelola secara professional mulai dari kenyamanan mengakses, kemudahan melihat produk, selalu update, interaksi cepat penjual dan pembeli, info transparan mulai dari proses deal sampai barang sampai ke tujuan.

Website bisa berbentuk web professional, Blog gratisan, Sosial Media dll asal di kelola secara professional dan selalu update maka itu akan menjadi modal utama kepercayaan pembeli untuk berbelanja.

2. Berikan informasi bisnis
Tampilkanlah berbagai informasi seputar bisnis dan identitas Anda agar konsumen dapat menghubungi seperi alamat, no telepon, Pin BB, email atau akun media sosial.

3. Tampilkan produk secara rinci

Apabila bisnis online anda menggunakan website, maka tampilkan produk dengan deskripsi secara lengkap. Jika produk berupa barang fisik, fotolah menggunakan kamera berkualitas baik agar hasilnya maksimal. Jika perlu, minta bantuan fotografer untuk mempotret produk dan jangan lupa tampilkan rincian seperti jenis bahan, berat dan lainnya.

4. Pelayanan baik dan cepat

Terkadang, pelanggan membutuhkan respon cepat dari pemilik usaha. Apalagi bisnis yang Anda kelola masih baru jadi wajar konsumen banyak mengajukan pertanyaan seputar produk. Tugas anda hanyaah layani semaksimal mungkin walau ujungnya tidak membeli produk. Setidaknya ada nilai positif dari konsumen.

5. Gunakan fasilitas rekening bank dan Online

Sebagain besar, transaksi bisnis online di lakukan menggunakan rekening. Usahakan sediakan beberapa rekening berbeda bank untuk mempermudah proses transaksi. Jika hanya satu saja, konsumen akan mendapat biaya tambahan ketika transfer antar bank. Lengkapi semuanya jenis media transaksinya termasuk bank onlinenya. contoh bank online adalah Paypal yang telah terbukti melayani transaksi online professional. daftarnya mudah dan tanpa biaya serta dapat terhubung ke akun kartu kredit dan rekening Bank Lokal. 

Bila Anda Masih Ragu Anda bisa menggunakan Akun Rekening Bersama, merupakan rekening pihak ke tiga yang akan memproses dana anda secara aman dan penjual akan menerima dana dari anda bila barang sudah sampai. contoh rekening bersama adalah KasPay milik Kaskus Indonesia.
6. Gunakan jasa pengiriman terpercaya

Proses pengiriman barang sebaiknya di serahkan jasa kurir terpercaya. Anda bisa menanfaatkan JNE, TIKI, Pos atau lainnya. Jika proses transaksi berhasil dan barang sudah di kirim, secepatnya beri no resi kepada pelanggan untuk mengecek proses tracking barang. Mengecek Nomer resi adalah syarat utama proses pengiriman agar anda bisa mengecek langsung data nama pengirim,tujuan dan lokasi barang kiriman ke anda melalui website resmi jasa expedisi barang JNE, TIKI, Pos maupun yang lainnya. anda bisa bisa mengeceknya langsung setiap saat.

7. Tersedia garansi

Sebaiknya di beri fasilitas garansi baik pengembalian uang atau barang. Tujuannya kemungkinan konsumen ada komplain misal barang rusak, maka bisa di ganti dengan yang baru atau salah kirim maka konsumen berhak menggunakan garansi tersebut. ada kebijakan tersendiri bila itu adalah garansi resmi atau garansi Toko. coba tanyakan kepada penjual.
Tidak semua toko online menyediakan garansi, kadang ada biaya tambahan untuk garansi. dan bukan berarti toko online yang tidak menyediakan garansi tidak aman karena dalam proses pengirman bukan menjadi tanggung jawab pengirim tapi jasa pengirman barang. bila mau aman silahkan tanyakan garansi atau biaya packing khusus agar dalam masa pengiriman barang aman dari benturan, kerusakan dll.


8. Minta testinomi

Bagi bisnis baru mungkin belum ada testimoni dari konsumen. Namun jika ada maka tampilkan testimoni terbaik dan pasang di halaman toko online Anda. Jangan pernah menampilkan testimoni palsu yang akan membahayakan bisnis anda sendiri.



Apa yang saya ulas disini hanya sebagian, Untuk Transaksi Online pembelian non barang misalnya pembelian Akun web hosting, Pembelian Chart Game, Penukaran Currency Mata Uang dll anda tetap lihat ciri ciri di atas serta hal lainnya yang tidak terjadi di pembelian barang, misalnya screenshot transaksi internet banking harap hati hati mengeceknya karena di khawatirkan SC palsu dan lainnya yang insyaAllah akan saya ulas di artikel selanjutnya.

bila ada pertanyaan dan saran silahkan kontak FB saya , Klik ManSurE  Dengan Senang Hati.

Terima Kasih