Fitur Fitur Android 5.0 lolipop


Secara resmi pihak Google telah mengumumkan sistem operasi generasi penerus Android KitKat, dimana OS yang digadang-gadang sebagai Android L atau 5.0 tersebut resmi menyandang nama Lollipop. Lantas bagaimanakah dengan fitur-fitur terbaru yang dibawa oleh sistem operasi Android 5.0 Lollipop tersebut? Yukk simak ulasan berikut ini.
Seperti yang sudah Google katakan, bahwa Lollipop tersebut diciptakan untuk digunakan dunia yang disematkan didalam perangkat gadget terbarunya serta membuat pengguna lebih mudah dalam pengoperasian. “Semakin banyaknya perangkat yang terhubung, pengguna pastinya mengharapkan perangkat yang saling mendukung” kurang lebih seperti itulah yang diurai didalam blog resmi Google.

Tak hanya itu saja, didalam blog tersebut Google juga menulis postingan yang berisi” bahwa Lollipop tersebut masih bisa melanjutkan aktivitas yang mana sebelumnya sudah ditinggal oleh penggunanya, meski sudah memakai jenis perangkat yang berbeda.
Salah satu contoh yang bisa dilakukan ialah melanjutkan pemutaran lagu dari perangkat satu ke perangkat lain, menjalankan aplikasi, melihat foto hingga sampai mencari keyword yang dilakukan dengan perangkat Android.

Dengan begitu, konsumen dipastikan akan mendapatkan pengalaman yang serupa meski sudah memakai perangkat yang berbeda. Ini adalah salah satu pendekatan yang Google menyebutnya “Material Design”.
Selain itu mengenai tampilan dari Material Design tersebut ialah memakai ikon-ikon yang lebih flat serta memiliki warna dan tipografi yang lebih garang ketimbang versi Android sebelumnya. Kemudian pihak Google tersebut juga meyebutkan bahwa tampilan antarmuka Android 5.0 Lollipop tersebut juga diklaim lebih responsif terhadap suara dan sentuhan.
Berbagai macam konten yang didapat dari perangkat tersebut juga bisa diakses dengan sangat mudah dan cepat dikarenakan lebih responsif terhadap suara maupun sentuhan. Tak hanya itu saja, keunggulan lain yang ditawarkan Android 5.0 Lollipop tersebut ialah pengguna bisa mengatur sendiri notifikasi dari siapa saja yang akan ditampilkan. Nah, dengan begitu pengguna hanya akan melihat notifikasi yang diinginkan dilayar perangkat.
Kemudian kelebihan lain ialah daya tahan baterai, dimana perangkat yang sudah menggunakan OS Android 5.0 Lollipop tersebut akan mendapatkan fitur untuk membuat baterai berumur lebih lama. Diklaim bahwa baterai platfrom Lollipop tersebut akan mampu bertahan selama 90 menit lebih lama ketimbang OS Android 4.4 KitKat.
Fitur terakhir keamanan Android 5.0 Lollipop tersebut selain dengan PIN, password, dan pattern, yaitu keamanan Smart Lock. Dimana cara kerja fitur tersebut ialah menjadikan obyek-obyek lain yang bisa digunakan sebagai “kunci” untuk membuka smartphone salah satunya ialah jam tangan atau mobil.