Tips Memasang Skotlet ( Cutting Stiker )

Banyak cara orang untuk memodifikasi motornya agar tampil keren dengan berbagai cara tergantung inspirasi dan kekuatan keuangannya, ada yang tampil beda dengan cara transbody memakai part body motor merk lain misalkan motor Supra X memakai body kepala mio sporty, body belakang menggunakan Revo, dll. Tak kalah keren pula menggunakan body-body fiber hasil kreatifitas pemodif fiberglass yang menghasilkan karya seni yang sangat indah, selepas itu body-body tadi dipercantik dengan permainan warna airbrush, memakai bahan cat dari merk-merk yang terkenal, kemudian urusan kaki-kaki dan roda tampilan lebih mathcing dengan warna krom.
Semua itu demi mengejar gengsi demi tampilan motor yang kita sayangi menjadi lebih keren dan tentu banyak dilirik banyak orang karena keindahannya. Akan tetapi untuk tampil keren, tidak harus selamanya mengeluarkan dana besar, ada suatu cara untuk bisa tampil beda tapi tidak harus merogoh kocek yang terlalu besar, yaitu memodifikasi motor dengan cutting sticker, yang lebih banyak dikenal orang dengan sebutan "skotlet" anda bisa membuat motor menjadi keren hanya dengan menggunakan bahan sticker/skotlet asal kan tau cara pengertiannya kami yakin hasil modifikasi motor memakai media ini hasilnya juga tak kalah keren dengal hasil cat air brush.

APA ITU CUTTING STICKER ?
Cutting sticker adalah cara memebuat modifikasi motor/mobil dengan berbagai motif dan warna dari bahan sticker/skotlet. Cara pengerjaannya yaitu ada yang memakai mesin cutting sticker yang kemudian hasil motifnya bisa kita langsung tempel ke body motor/mobil ada pula yang memakai cara manual dengan menempelkan bahan sticker ke body motor lalu dicutting atau dipotong sesuai bentuk yang kita inginkan, kemudian ditimpa dengan berbagai macam warna sehingga menyerupai motif dan warna yang kita inginkan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CUTTING STICKER
1. Kelebihan
Kelebihannya yaitu body motor standar dan striping merk asli pabrikannya tidak akan rusak, justru malah bersifat melindungi dari goresan-goresan ringan, karena body motor terbungkus bahan sticker kemudian setelah kita bosan dengan corak modifikasi yang kita tempel tadi, maka tinggal kita kelupas saja lalu ganti dengan model yang baru tanpa harus mengeluarkan dana yang banyak dan waktu pengerjaan yang relatif singkat, maka tampilan motor kita bisa berubah total. Ini adalah solusi bagi para modifikasi yang mudah sekali mempunyai rasa gampang bosan dengan tampilan modifikasi motornya.

2. Kekurangan
Jika kita belum terbiasa memasang sticker/skotlet ke body motor maka sangat riskan body motor kita terkena goresan cutter. Akan tetapi bagi yang sudah terbiasa maka hal tersebut bisa teratasi karena cara dan teknik penekanan cutternya sudah paham kekurangan berikutnya seringkali lem dati bahan sticker tersebut menempel kuat dibody dan susah menghilangkannya akan tetapi ada juga body motor yang walaupun body motornya ditempeli bahan sticker dalam waktu yang cukup lama giliran dikelupas tidak meninggalkan sisa lem dari bahan sticker sehingga body motor tersebut masih tetap mulus tergantung dari bahan cat yang digunakan untuk dasar cat pada body motor tersebut.

Sering kita punya keinginan untuk mempercantik kendaraan kita dengan stiker atau decal, tapi kendala pemasangan untuk stiker stiker yang berukuran besar menjadi hal hal yang menyulitkan bagi user yang belum pernah memasang stiker ukuran besar sendiri. Sebenarnya proses dari pemasangan stiker itu sendiri tidak lah sulit apabila anda mengetahui cra dan tehnik pemasangan serta alat alat yang digunakan,berikut adalah tips dan alat yang dibutuhkan dalam memasang decal atau stiker:

Tools:


1. Siapkan pisau potong yang tajam (cutter)
2. Air sabun
3. Hairdryer (sebagai pemanas) untuk bagian tekukan
4. Pengaris besi atau plastik yang sudah dilapisi dengan kain halus (berfungsi untuk meratakan permukaan decal)
Cara pemasangan :

1. Bersihkan Permukaan body dari debu,minyak,atau wax untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Setelah body bersih mulai dengan membasahi permukaan body  dengan air sabun agar decal yang akan kita tempel tdk langsung menempel pada permukaan body.setelah terlihat basah segera tempelkan 1a pada permukaan untuk mempermudah tetapkan titik awal decal untuk meratakan semua permukaan.
3. Pada saat pemasangan usahakan agar sekaligus meratakan permukaannya dengan pengaris yang sudah dilapis dengan kain agar tidak ada gelembung udara yang terperangkap pada decal. Setelah permukaan rata dan mencegah agar decal yang terpasang tdk bergeser  kembali panaskan permukaan decal dengan hairdryer (membantu pengeringan pada permukaan dalam) juga berfungsi untuk melemaskan permukaan decal agar mudah mengikuti Contour body.
4. Pastikan agar tidak adanya udara yang terperangkap didalam decal.apabila ditemui adanya gelembung pada permukaan tusuk dengan jarum atau peniti agar udara yang terperangkap dapat dihilangkan.
5. Setelah selesai dengan pemasangan,biarkan selama 1x24 jam agar Perekat dapat menempel sempurna (hindarkan dari proses pemolesan selama itu agar Decal dapat merekat sempurna) sebab apabila decal
yang sudah kita tempel pada permukaan bergeser tentu akan memulai semua proses dari awal.
6. Decal optional dapat direkatkan pada bagian yang dikehendaki.
7. Potong bagian yang terlihat tdk rata pada permukaan bodi apabila ditemukan.dengan mengunakan Cutter
tekan secara perlahan agar tdk mengores permukaan body.

NOTE: 

pastikan kondisi permukaan body motor dalam kondisi bersih,bebas dari kotoran dan minyak.poles dahulu 1 minggu sebelum pemasangan untuk mendapatkan hasil yang baik.dan pada saat akan melakukan pemasangan cuci dengan mengunakan shampoo untuk menghilangkan bekas bekas polesan atau wax.

Setelah anda mengikuti proses pemasangan sendiri, anda tentu dapat melihat hasilnya,selamat berkreasi.

Susah asal kita mengetahui tips dan trik pemasangannya. Dan yang sangat dibutuhkan pada saat pemasangan adalah ketelitian dan kesabaran,karena pada saat pemasangan kedua hal itu mutlak diperlukan untuk meminimalkan tingkat kegagalan. Berikut adalah tips dan tool untuk memulai proses pemasangan stiker sendiri.