Indahnya Gunung Penanggungan - Wisata alam dan Budaya Purbakala



GUNUNG PENANGGUNGAN




 Kali ini alfaemedia.com akan membahas seputar trip bagi yang suka mendaki gunung atau berpetualang. Penelusuran Pendakian di lakukan secara pribadi dan bersama tim pada tanggal 16 dan 17 agustus 2015 lalu untuk melihat langsung dan menikmati alam indonesia yang begitu indah dari atas gunung penanggungan. 

Berangkat dari Talang Sumenep menggunakan sepeda motor pada jam 2 siang menuju Surabaya untuk prepare bersama teman teman yang sudah siap kemudian melanjutkan perjalanan menuju pos pendakian via jolotundo mojokerto. jolotundo adalah pentirtaan atau pemandian peninggalan airlangga yang satu kompleks dengan wisata candi.
 pendakian di mulai pada jam 00:30 tengah malam dan sampai puncak pada jam 07:30 pagi.

Gunung Penanggungan atau dulunya di sebut gunung pawitra karena selalu di selubungi kabut adalah gunung api istirahat yang terletak di Kabupaten Mojokerto (Barat) dan Kabupaten Pasuruan (Timur). Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Gunung ini adalah gunung kecil yang terletak tidak jauh dari Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.
Berdasarkan studi selama dua tahun (2012-2014) ditemukan 116 situs percandian atau objek kepurbakalaan, mulai dari kaki sampai mendekati puncak gunung Penanggungan.

Gunung penanggungan dengan ketinnggian yang tidak seberapa tapi gunung ini menyuguhkan trek dan tantangan yang tidak biasa , hutan, batu, dan trek menanjak terus yang begitu memacu andrenalin membuat ada harus merangkak dan ngesot untuk mencapai puncak yang di sebut sebut sebagai puncak semeru yang jatuh ini.

Disekeliling gunung penanggungan terdapat bukit-bukit disekitarnya yaitu, Bukit Bekel (1238 m), Gajah Mungkur (1084 m), Sarah Klopo (1235 m), dan Kemuncup (1238 m).
Penelitian yang dilakukan Turangga Seta mengindikasikan bahwa gunung Penanggungan adalah area kraton Mojopoit/Majapahit yang ditimbun.

JALUR PENDAKIAN
Ada empat jalur pendakian yang umum digunakan, yaitu jalur

(1) Betro, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol;
(2) Petirtaan Jalatunda, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas;
(3) kawasan vila Trawas
(4) Kecamatan Ngoro.

GOOGLE MAPS GUNUNG PENANGGUNGAN
TRANSPORTASI
Untuk transportasi kita tinggal pilih jalur pendakian mana



GALERI PENDAKIAN GUNUNG PENANGGUNGAN

Jalur pendakian Gunung Penanggungan





mahameru






Puncak Mahameru


puncak gunung penanggungan

 Pemandangannya



Berapa Candi yang terdapat di gunung penaggungan















*foto candi dan beberapa di ambil dari google, karena pendakian di waktu malam

Puncak Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan termasuk gunung kecil sehingga mudah untuk didaki apalagi untuk para pendaki pemula maupun professional.

TIPS PENDAKIAN
  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Penanggungan kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
INFORMASI TENTANG GUNUNG PENANGGUNGAN
Nama: Gunung Penanggungan
Ketinggian: 1653 mdpl
Lokasi: Mojokerto, Pasuruan
Tipe: Gunung Api Istirahat
Kondisi: perkebunan,hutan,Batuan, kabut
Jalur pendakian: Wonosunyo, Seloliman, Trawas, Ngoro